Monday, February 20, 2012

Free Crochet Pattern: Slipper Crochet Tutorial

Slipper??
Mungkin beberapa diantara kalian ada yang tidak tau apa itu slipper. Sebenarnya slipper itu sepatu atau kaus kaki yang dipakai didalam rumah, buat kalian yang suka nonton film korea pasti tau donk hehehe ^,^. Yuk yang ingin belajar rajut kita sama-sama membuat slipper crochet.


Crochet Tutorial: Slipper crochet
Siapkan peralatan jarum hakpen no 7/8, untuk bahan benang aku memakai benang kriting, benang korduroy, dan benang katun yang semuanya akan dikolaborasikan dalam produk slipper crochet yang aku buat


Bagian I
Baris 1 buat rantai (ch) 4, di ch ke-4 (hitung dari jarum hakpen) buat 7 dc kemudian sambung dengan slst (8dc termasuk yang 3ch diawal)
Baris 2 buat 1ch dan 2sc dilubang yang sama, diteruskan dengan 2sc disetiap lubang gabung dengan slst (16sc)


Baris 3 lanjutkan dengan membuat 3ch dan 1dc dilubang yang sama, lanjutkan dengan hal yang sama disetiap lubang (total 16dc) sambung dengan slst di ch ke-3
Baris 4 buat 1ch 1sc dilubang yang sama, selanjutnya buat *2sc, lubang berikutnya 1sc* ulang pola tersebut hingga lubang terakhir (2sc) sambung dengan slst (total 24sc).
Baris 5 buat 3ch, selanjutnya buat dc disetiap lubang (total 32dc)
Baris 6 sama dengan baris 5
Tahap bagian I ini membentuk setengah lingkaran sebagai "cup" dari jari-jari kaki.
Bagian II
Baris 7 buat 1ch dilanjut dengan membuat sc hingga lubang ke-23 sisa 9 lubang jangan di kerjakan.
Baris 8 balik posisi pengerjaan, buat 3ch dilanjutkan dc disetiap lubang (total 23dc). 
Baris 9 balik posisi lagi, buat 1ch dilanjutkan sc disetiap lubang (total 23sc).
Baris selanjutnya berpola sama dengan baris ke-8 dan baris ke-9 diukur sesuai dengan panjang kaki kamu (kurang lebih hingga baris ke-24)




Setelah selesai gabungkan bagian sisi tumit dengan cara di sc atau dijahit dengan jarum tapestry dengan  menggunakan benang yang senada. Sebagai finishing buat sc disepanjang pinggiran slipper, pada bagian sisa 9 lubang (baris ke-7) dibuat 3sc tog (decrease sc), dilanjut dengan 5sc, kemudian 3sc tog selanjutnya  sc disetiap lubang hingga bertemu sc bagian pergelangan tumit yang dibuat awal, gabung dengan slst. selesai...
Buat lagi dengan pola yang sama untuk kaki yang satunya.


 
Untuk mempermanis slipper crochet yang dibuat tambahkan aplikasi pita atau bunga yang dibuat dari crochet. Sebagai inspirasi aku akan share foto-foto slipper yang sudah aku buat.






Selamat mencoba...
Jangan pernah takut untuk mengkombinasikan beberapa karakter benang ya, karena itu akan membedakan  karakter kita dengan orang lain. Kalau ada yang mau ditanyakan silahkan comment...trimakasih


5 comments:

ka' :(
sulit.. pemula saya..
pencerahannya ka'
syukraan

boleh tuh... terima kasih udah di share

Trimakasih juga sudah berkunjun ^,^

Ass Mbak Galuh, salam kenal sy indri. Niatx sy mo usaha slippers but masih binggung pake benang yg tepat. Klo katun cpt kotor but nyaman d kulit. Klo sintetis gak cpt kotor but gak nyerep kringet. Bisa kasih masukan gak mbak. Thanks. Moga ilmux berkah n dapat pahala yg banyak dari Allah. Aammiinn.

WWW....salam kenal mb, maaf baru balas ya ^,^
sy coba share aja ya mb pengalaman saya bikin slipper. Dari bahan nyaman pake ya benang katun, pastinya cepet kotor mb namanya juga dipake dikaki ^,^ bt jalan diatas lantai tentunya pun akan kotor, kan kaos kaki juga akan seperti itu. Jangan bingung mb..cepet kotor pun kan bisa dicuci ^,^ begitu mb Indri, semoga bisa membantu.

Post a Comment